Senin, 01 Desember 2008

L’Arc~en~Ciel --- yg dalam bahasa Perancis berarti pelangi --- ngerintis karir mereka mulai dari band indie gak terkenal yg cuma ditonton 200 - 300 orang di Live House kecil, ampe jadi salah satu band terpopuler di Jepang. Konser live mereka udah ditayangin ke berbagai negara di Asia en s’karang berjuta-juta orang udah jadi Cielers (sebutan buat fans L'Arc~en~Ciel), sang vokalis; Hyde, bassis; Tetsu, gitaris; Ken en drumer; Yukihiro, adl musisi sejati !!! L'Arc~en~Ciel yang mengusung aliran J-Rock ini (walopun s'benernya banyak orang yang masih ragu, soalnya mereka sering mencampur rock ama unsur musik lain seperti pop, klasik, techno bahkan sampai jazz pun ada) lebih dikenal dengan sebutan Laruku oleh para Cielers.

Dalam band ini yang biasanya nulis lirik adalah sang vokalis, Hyde. Tetsu en Ken biasanya bagian yang mbuat musiknya sedangkan Yuki bagian nge-mix lagu (he once a DJ, cool ne~). Hyde pernah dapet penghargaan sebagai penulis lirik terbaik se-Jepang, Tetsu juga gak kalah keren lo, dia dapet gelar bassis terbaik se-Jepang, klo ga salah taon 2000 or 1999 [Aoi: terus berjuang Tetsu !!! Gw dukung sepenuhnya lho.]. Dalam sebuah kebersamaan nggak mungkin lah, klo nggak pernah terjadi konflik. Nah, begitu juga yang terjadi ama Larukutachi kita, sebelum jadi L'Arc~en~Ciel yang sekarang ini kita kenal, udah beberapa kali mereka gonta-ganti personel. Seperti yang kita ketahui, mereka udah ngerubah formasi band sebanyak tiga kali yaitu: Laruku en Hiro + Pero, Laruku en Sakura serta Laruku en Yukihiro.

L'Arc~en~Ciel En Sakura

L'Arc~en~Ciel En Yukihiro

Aoi: Sorry bgt karena Q-ta gak punya foto mereka yang ama Hiro en Pero.

Kacchan: Q-ta bakal usaha cari2 foto Hiro en Pero, tunggu aja otre!

Oya, Q-ta kasih tau lagi klo gambar2 ini sebenernya dari site2 yang sebelumnya pernah Q-ta kunjungi.

Larva

L’Arc~en~Ciel dibentuk pada bulan Februari 1991 di Osaka. Awalnya, Tetsu (leader) en Hiro (gitaris) ingin ngebentuk sebuah band, waktu itu Hyde masih jadi gitaris band Kidies Bombs. Gw mo cerita dikit soal ex-bandnya Hyde ini, gosipnya nih, ada sesuatu yg terjadi [ Kacchan: kuch kuch hota hai .. he .. he ..] di band ini so, Hyde terpaksa jadi vokalis, (walopun benci jadi vokalis). Malah, mereka juga ngubah nama band jadi Jerusarem’s Rod.

Suatu hari Tetsu nonton live performance-nya Jerusarem’s Rod en saat itu juga dia langsung berpikir ... Tetsu: “Cowok inilah yg bakal jadi vokalis band gw". So, Tetsu bela-belain nonton tiap performance Jerusarem’s Rod sbg fans setia mereka. Akhirnya Tetsu gak tahan lagi [Kacchan: gak tahan pingin apa Tet-chan? ^ ^; ] en mutusin utk nelepon Hyde ... Tetsu: “Gw Tetsu, gw suka bgt ama suara en musik kmu! Gak peduli apapun yg terjadi gw pingin kmu jadi vokalis band gw, so, plizz pikirin soal ini ok?!”. [Kacchan: Wah, rayuan maut nih! T’nyata Tet-chan gak cuma pinter ngerayu cewek ya? ^o^] Trus Tetsu ngundang Hyde en Pero (drumer Jerusarem’s Rod) buat nge-jam session bareng. Tepat setelah nge-jam session Hyde langsung mutusin bakal gabung ama band ini, so dia ngomong ke Tetsu ... Hyde: “Ok, kita coba aja! Tapi gw harus omongin dulu ama temen2 gw di Jerusarem’s Rod”. And then Hyde gabung deh sbg vokalis, dia juga ngajakin Pero buat jadi drumernya.

Setelah anggota bandnya lengkap, Tetsu baru mulai mikirin nama bandnya. Suatu kali Tetsu nonton film yg judulnya L’Arc~en~Ciel. Dia terkesan bgt ama film itu, malah, dia bela-belain pergi ke toko buku en beli kamus Perancis cuma buat nyari arti dari judul film itu [Aoi: Aduh Tet-chan pinjem juga bisa khan? Ngapain beli? Baka!]. Setelah tau artinya Tetsu makin suka ama kata L’Arc~en~Ciel, Hyde malah bilang ... Hyde: “Gw yaqin ini bakal jadi nama yg oke bgt, gw ngerasa PD bgt ama nama ini!!!”. Karena anggota yg laen gak keberatan so L’Arc~en~Ciel resmi jadi nama buat band mereka, anggota saat itu adl Hyde, vokalis; Tetsu, bassis; Hiro, gitaris en Pero, drumer.

Live performance pertama mereka diadain tgl 30 Mei 1991, bahkan pemilik Live House-nya juga berkomentar ... Pemilik L H: Suaranya Hyde tuh powerful bgt en menarik hati s’mua orang, bassnya, gitarnya en drumnya juga keren bgt. Pokoknya mereka s’mua bener-bener hebat. Waktu itu gw pikir mereka bakal jadi sangat terkenal t’nyata insting gw gak salah, mereka bener-bener jadi terkenal.

Butterfly's Sleep

Juni 1992 ... Hiro (gitaris) mutusin utk keluar dari band tepat sebelum L’Arc~en~Ciel rekaman utk debut pertama mereka, karena mereka udah t’lanjur sewa studio en udah nyiapin s’muanya so, mereka gak bisa nunda-nunda lagi, akhirnya Tetsu nelepon sobatnya, Ken .... Tetsu: Ken, mau gak kmu jadi gitaris band gw? Cuma kmu yg bisa melakukan ini ne~ [Kacchan: Ngegombal lagi nih Tet-chan? Tapi gpp yg penting berhasil khan? Gw dukung koq! Chayo! Chayo!] Karena gak tega, Ken mutusin utk ngebantuin sobatnya ini, so, gabung deh dia. Ken cuma punya waktu 5 hari utk ngapalin s’mua lagu, hebatnya, dia bisa melakukan itu! Mereka b’hasil nyelesain rekaman dlm waktu 3 hari, tapi ... ini dia masalahnya dateng! Mereka wajib melakukan live performance buat promosi, tapi krn waktu itu Ken adl mahasiswa so, gak mungkinlah dia kuliah sambil latihan en manggung. Jadi, dia mutusin buat DO dari universitasnya (waktu itu Ken udah semester akhir lo! En mestinya 6 bulan lagi dia udah lulus. Tapi gara-gara telpon dari Tetsu, dia gak bakal lulus deh!) jelas aja orang tua Ken-san marah besar, mereka ampe gak ngijinin Ken masuk ke rumah or ngobrol ama keluarganya. Tapi Ken gak peduli, gak ada yg bisa menghentikan Ken klo dia ngerasa apa yg dia lakuin gak salah.

Singel pertama L’Arc~en~Ciel, Flood of Tears ( c/w yasouka ) dirilis tgl 25 November 1992, mereka ngadain lebih banyak performance en punya Cielers lebih banyak lagi, mereka bilang ... Cielers: “Gw bener-bener terkesan waktu pertama kali denger lagu mereka, hebat bgt!! Suara tiap instrumen en vokalnya perfect bgt! Lagu mereka punya pop style en rock style sekaligus, bagi gw itu keren bgt, karena itulah gw bener-bener gak bisa ngelupain mereka!”. Salah satu pemilik live house juga ngomong ... Pemilik L H: “Waktu pertama ketemu gw gak percaya klo Hyde itu laki2, krn waktu itu Hyde pake gaun en lipstik merah trus muka ama gerak-geriknya bener2 kaya cewek. Gak aneh klo orang2 bakal ngira dia cewek, penampilannya oke bgt en suaranya powerful, suaranya bisa memikat hati setiap orang.”.[Aoi: He he klo gw cowok pasti dah gw pacarin :P ]

Akhir taon ’92 Pero keluar dari L’Arc~en~Ciel, Tetsu mulai cari drumer pengganti, menurutnya lebih baik nyari drumer asal Tokyo karena gimanapun L’Arc~en~Ciel harus pindah ke Tokyo suatu saat nanti. Tetsu tertarik ama Sakura karena sebelumnya dia udah pernah denger permainan drumnya, Tet-chan pikir Sakura tuh pemain drum yg hebat cuma belum pernah gabung ama grup band. Kayaknya Sakura tuh main buat band mana aja yg lagi butuh drumer. [Kacchan: ga mudeng, mungkin semacem freelance drumer? Dunno *_*;]. So Tet-chan mutusin ngajak Sakura gabung ama L’Arc~en~Ciel, tentu aja lewat telpon lagi (Ha .. ha.. dia ga bisa mikirin cara lain kali ya? Ato jangan-jangan biar gak perlu liat wajah lawan bicaranya, ya? Abis katanya Tet-chan itu pemalu bgt ne~). Setelah n’dengerin kaset demo Laruku yg dikasih Tet-chan, Sakura pergi ke Osaka buat ngeliat konser Laruku. Setelah mereka nyoba jam session bareng, Sakura bilang ... Sakura: “Udah lama gw gak ngerasa sebahagia ini waktu main drum, cuma di band ini gw bisa main drum seperti yg gw inginkan, krn itu gw mau jadi anggota band ini.”

Peeping L'Arc

Akhirnya tanggal 16 Januari 1993 Laruku punya formasi baru; Hyde-vokal, Ken-gitar, Sakura-drum, Tetsu-bass. Tetsu bilang: "Sebagi pemimpin band ini, gw berpendapat kesuksesanlah yang kami harapkan. So, klo ada peluang pasti bakal kita kejar." Maka hijrahlah Laruku ke Tokyo buat ngejar peluang

Tidak ada komentar: